Monday, April 18, 2016

Dampak Perubahan Sosial Budaya Akibat Dibangunnya Terminal di Suatu Kawasan

Perubahan sosial budaya tidak terlepas dari dampak berupa progres atau perubahan yang lebih maju dan regres atau perubahan kearah kemunduran. Beragam dampak menunjukan bahwa perubahan tersebut mengarak ke arah kemajuan, seperti bertambahnya kesejahteraan pernduduk dikarenakan munculnya beragam mata pencaharian di terminal. Kemudahan sarana transportasi juga hal lain yang menunjukan perubahan kearah kemajuan.
Perubahan sosial yang berdampak kemunduran juga muncul disini, terutama pada bidang nilai dan norma yang cenderung bergeser ke arah yang kurang baik, terutama dikarenakan dengan munculnya beragam kebudayaan masyarakat yang tentu berbeda dengan kebudayaan masyarakat sebelumnya yang merupakan masyarakat agraris yang masih berpegang teguh pada nilai dan norma.
Berbagai perubahan sosial dan budaya jelas menimbulkan beragam dampak, baik itu dampak positif maupun negatif. Dampak positif yang ditimbulkan dari dibangunnya terminal diantaranya:
·         Menambah pilihan mata pencaharian. Masyarakat yang tadinya merupakan masyarakat agraris dengan pilihan mata pencaharian yang tentu tidak akan jauh dari menjadi pengolah sawah bagi yang memiliki lahan atau menjadi buruh tani bagi mereka yang tidak memiliki lahan pertanian berubah menjadi pedagang, tukang parkir, penjual tiket dan beragam profesi lain dihasilkan dengan dibangunnya Terminal.
·         Dengan beragam mata pencaharian yang dihasilkan dari dibangunnya terminal ini berdampak pula pada angka pengangguran, yang jelas mengalami penurunan yang cukup signifikan. Sebab, dengan adanya terminal ini secara tidak langsung masyarakat dapat memperoleh pekerjaan dengan cara membuka warung-warung ataupun menjadi pencari penumpang (calo) untuk para supir angkuta.
·         Bertambahnya pendapatan masyarakat juga menjadi salah satu dampak positif, karena dengan ditemukannya mata pencaharian baru, semakin banyak juga lapangan pekerjaan yang dihasilkan dan jumlah usia kerja yang belum memiliki pekerjaan dapat mengisi lapangan kerja yang baru ini, yang jelas berimbas pada pendapatan masyarakatnya.
·         Dengan pendapatan bertamban kesejahteraan masyarakat juga tentu akan bertambah.
·         Bukan hanya pendapatan masyarakat yang bertambah, pemerintahan daerah setempat juga mendapatkan tambahan pemasukan yang berarti bagi APBD.
·         Masyarakat yang tadinya merupakan masyarakat pertanian yang cenderung tertutup menjadi masyarakat terbuka yang mudah menerima modernisasi.
·         Adanya terminal menyebabkan interaksi masyarakat lebih mudah karena banyaknya alat transportasi yang tersedia.
·         Bertambahnya jumlah penduduk yang berdomisili di sekitar terminal yang menyebabkan akulturasi di masyarakat itu.

Sementara dampak negatif dari pembangunan Terminal Giwangan adalah:
·         Dengan masuknya beragam masyarakat menyebabkan nilai-nilai baik yang dianut masyarakat sekitar yang semakin terkikis.
·         Lahan pertanian semakin berkurang, yang menyebabkan produktifitas bahan pangan berkurang pula dan juga menyebabkan banyak masyarakat yang beralih profesi yang tadinya menjadi petani berubah menjadi tukang becak, penjual tiket, pedagang dan lain-lain.
·         Munculnya beragam penyimpangan sosial yang diakibatkan pada beragam masyarakat.

·         Dengan berdirinya terminal dapat mempengaruhi kepribadian anak-anak sekitar terminal sebab secara langsung maupun tidak langsung mereka melihat bagaimana interaksi orang-orang yang ada diterminal yang cenderung dengan menggunakan bahasa-bahasa yang kasar atau kurang sopan.

0 comments:

Post a Comment

Teknik Planologi 014 Universitas Bosowa Makassar

Teknik Planologi 014 Universitas Bosowa Makassar

Popular Posts

Blogger templates